Selasa, 03 Februari 2015

Desain Produksi

Disinilah Pemimpin Produksi, Sutradara, Tim Manajemen, Tim Keuangan, Tim Naskah, Tim Kamera, Tim Pasca Produksi berkumpul dan membicarakan semuanya dengan dasar skenario. Apa itu Desain Produksi? Perlu diingat sebelumnya gua sudah menuliskan bahwa proses pra produksi adalah proses perancangan semuanya sebelum eksekusi. Untuk apa tahap ini? (1) Untuk memudahkan pengawasan, terutama budget dan kesiapan, dan (2) menghemat, mengatur serta mengefektifkan waktu.
Ini adalah proses yang dipimpin oleh pemimpin produksi. Proses ini merupakan proses yang paling sulit dari semua tataran produksi yang ada. Karena disini masa depan harus dipikirkan; kemungkinan-kemungkinan yang terjadi berbanding dengan ketersediaan dana, ketersediaan alat, ketersediaan waktu, ketersediaan SDM, kebutuhan sesuai konsep, idealis anda, ketersediaan fasilitas, kemampuan, perizinan, dan lain sebagainya.
Bagannya kurang lebih seperti bintang. Ini dia:
Bagan Desain Produksi
Bagan Desain Produksi
Atau singkatnya, dari ke-5 unsur tersebut semua mesti berhubungan satu sama lain, dimana nantinya akan menjadi sebuah keefektifan kerja yang berkesinambungan.Ada beberapa data yang harus kalian kumpulkan kemudian perbandingkan. Data-data yang harus kalian kumpulkan untuk nanti akan menjadi kesimpulan antara lain:
  1. Jadwal Kerja : Produksi & Pasca Produksi
    Jadwal kerja ditentukan seefektif mungkin, berbanding dengan kelima unsur diatas. Semakin lama loe kerja, semakin banyak juga dana yang dikeluarkan, semakin banyak juga waktu yang bikin loe repot. Efektifitas kerja dibuat se-efektif mungkin.
  2. Kesiapan Kemampuan Pekerja : Konsep
    Apa kiranya kemampuan timloe siap untuk mengerjakan tuntutan konsep yang anda buat?
  3. Materi Dokumentasi : tuntutan Konsep = Siap?
    Materi dokumentasi sudah siap? Sudah cukup sesuai dengan tuntutan konsep? Apa kiranya ada lagi yang mesti ditambah? Mesti shooting ulang? Atau mesti shooting dramatisasi lagi? Jangan sampai keterbatasan ini mengalahkan kreatifitas yang sudah kalian tulis dalam naskah. Karena gua yakin, apa yang kalian tulis dalam naskah adalah kemampuan kalian, dan kalian bisa.
  4. Jadwal Kerja : Jadwal Anggota Tim
    Ini yang jadi masalah utama seorang pelajar. Jadwal yang sudah disiapkan pas tidak dengan jadwal para pekerjanya. Biasanya ada les, ada pacaran, ada apa lah egoisme pribadi. Buang aja orang yang kayak gini. Nyampah. Masing-masing harus punya komitmen dari pekerjaan dan tugasnya sendiri-sendiri. Tanggungjawab atas pegangannya menjadi andalannya dan tugas adalah nyawanya.
  5. Jadwal Kerja : Ketersediaan Fasilitas : Dana
    Jadwal sudah diatur, fasilitas (kamera) nggak ada, ujung-ujungnya biasanya (1) nyerah, mengalahkan waktu dan (2) sewa, mengalahkan dana. Bagaimana caranya supaya semua ter-cover dan berjalan lancar? Pengawasan atas kepastian peminjaman alat dan fasilitas lain dipastikan. Dibicarakan dengan tim teknis.
  6. Jadwal Kerja : Faktor lain tak terduga
    Apakah faktor lain disini? Misalnya uang keamanan (lagi-lagi misalnya) atau orang tua, atau siapa lah yang kadang terjadi. Mungkin bencana alam atau sesuatu hal-hal ajaib yang tidak bisa terduga sebelumnya. Ini adalah poin antisipasi.
  7. Jadwal Kerja : SEMUA TIM! : Faktor lain Siapkah semua tim?
    Maka kita akan tahu jawabannya pada tahap ini. Kesiapan menentukan proses terakhir setelah ini sebelum semuanya “RUN!” Dan proses terakhir dalam perancanaan produksi adalah memperbandingkan serta mempertimbangkan semua data yang kalian miliki.
sumber:https://videotahunan.wordpress.com/2009/09/01/4-desain-produksi-sebuah-proses-tersulit/

2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus