Selasa, 10 Februari 2015

aperture, merawat kamera, tripod, shutter speed

Aperture

Dalam optik, aperture adalah lubang atau celah di mana cahaya bergerak. Lebih khusus, aperture dari sistem optik adalah pembukaan yang menentukan sudut kerucut seikat sinar yang datang ke fokus pada bidang gambar. Aperture menentukan bagaimana collimated sinar yang diterima adalah, yang sangat penting untuk penampilan pada bidang gambar. [2] Jika aperture sempit, maka sinar yang sangat collimated yang mengakui, sehingga fokus yang tajam pada bidang gambar. Jika aperture lebar, maka sinar uncollimated diakui, sehingga fokus yang tajam hanya untuk sinar dengan panjang fokus tertentu. Ini berarti bahwa hasil aperture yang lebar dalam sebuah gambar yang tajam sekitar apa lensa berfokus pada. Aperture juga menentukan berapa banyak sinar yang masuk sebenarnya mengakui dan dengan demikian seberapa banyak cahaya mencapai bidang gambar (sempit aperture, yang lebih gelap gambar untuk waktu pemaparan yang diberikan). Di mata manusia, pupil adalah aperture.

Sistem optik biasanya memiliki banyak bukaan, atau struktur yang membatasi berkas sinar (ray bundel juga dikenal sebagai pensil cahaya). Struktur ini mungkin tepi lensa atau cermin, atau cincin atau tempat lain yang memegang elemen optik di tempat, atau mungkin menjadi elemen khusus seperti diafragma ditempatkan di jalur optik untuk membatasi cahaya yang diakui oleh sistem. Secara umum, struktur ini disebut berhenti, dan berhenti bukaan halte yang menentukan sudut kerucut sinar, atau ekuivalen kecerahan, pada titik gambar.

Dalam beberapa konteks, terutama di fotografi dan astronomi, aperture mengacu pada diameter aperture stop bukan menghentikan fisik atau pembukaan itu sendiri. Sebagai contoh, dalam sebuah teleskop berhenti aperture biasanya tepi lensa objektif atau cermin (atau gunung yang memegang itu). Satu kemudian berbicara tentang teleskop sebagai memiliki, misalnya, aperture 100 sentimeter. Perhatikan bahwa berhenti bukaan belum tentu berhenti terkecil dalam sistem. Pembesaran dan demagnification oleh lensa dan elemen lainnya dapat menyebabkan berhenti yang relatif besar menjadi berhenti aperture untuk sistem.


Kadang-kadang berhenti dan diafragma disebut lubang, bahkan ketika mereka tidak berhenti aperture sistem.

Aperture Kata ini juga digunakan dalam konteks lain untuk menunjukkan sebuah sistem yang blok dari cahaya luar daerah tertentu. Dalam astronomi misalnya, aperture fotometri sekitar bintang biasanya sesuai dengan jendela melingkar di sekitar gambar bintang di mana intensitas cahaya diasumsikan. 

11 Tips Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Lebih Awet

Kamera digital seperti halnya barang elektronik konsumen lainnya, membutuhkan perawatan ekstra. Mereka memiliki komponen sensitif yang mudah rusak kalau kita ceroboh memegangnya. Berikut beberapa hal praktis agar kamera dan lensa anda lebih awet:
  1. Kecuali kalau kamera atau lensa anda jelas-jelas dinyatakan waterproof atau weather sealed, jauhkan mereka dari air dan basah. Air bisa menimbulkan kelembaban didalam internal kamera dan bisa membuat komponen internal rusak. Kamera weather sealed juga bukan berarti anda bisa memasukannya ke air.
  2. Batere lithium-ion biasanya bertahan dalam 500 kali siklus recharge sebelum kerjanya mulai menyusut, kalau memang sudah waktunya jangan kaget kalau memang minta ganti. Buang sampah batere ditempat khusus (meskipun pengelolaan sampah kita tidak pernah memisahkan jenis limbah apapaun). Baca juga tips agar konsumsi baterai kamera lebih awet.
  3. Selalu jaga kebersihan lensa. Saat membersihkan lensa, jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu ke lap microfiber sedikit saja lalu baru usapkan lap microfiber tersebut ke lensa. Anda bisa membeli lap microfiber di swalayan besar.
  4. Matikan kamera sebelum mengeluarkan batere atau memory card dan saat anda mencolokkan ke komputer, kamera memiliki komputer didalamnya dan bisa jadi tidak tahan terhadap perubahan arus listrik secara mendadak.
  5. Strap kamera ada agar kamera anda tidak gampang jatuh dengan tidak sengaja, kalau memang merasa tidak nyaman memakai strap bawaan, belilah yang lebih nyaman. Baca juga cara paling aman saat menggantungkan kamera di pundak
  6. Hindari meninggalkan kamera didalam mobil dalam waktu yang lama apalagi jika mobilnya terkena panas matahari langsung. Kamera memiliki rentang suhu aman dan akumulasi panas didalam mobil beresiko melebihi rentang tadi.
  7. Kandungan garam dilaut bersifat korosif bagi komponen logam yang ada di dalam kamera maupun lensa sehingga berpotensi menghasilkan karat. Setelah memotret di dekat laut, bersihkan kamera dengan lap yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel di kamera, sedikit saja jangan terlalu banyak. Setelah itu lap lagi dengan lap hingga benar-benar kering. Baca cara mencegah munculnya kabut di lensa
  8. Kamera dan lensa memiliki bagian bergerak seperti tombol, dial, engsel pintu batere dan memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa. Kalau ada yang macet jangan diputar atau dibuka dengan paksa. Kalau memang tidak paham, bawa ke teman yang paham atau bawa ke service center. Kalau dipaksa bisa jadi ada bagian yang patah.
  9. Baca tips mengganti lensa DSLR saat anda memotret diluar ruangan untuk meminimalkan resiko kemasukan debu.
  10. Periksa ada tidaknya debu di sensor kamera DSLR anda (baca disini caranya), kalau memang terdeteksi ada, gunakan blower. Jika blower tidak bisa menghilangkan debu, bawa ke service center.
  11. Simpan kamera di tempat yang kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Kalau memang ada budget, beli dry box atau dry cabinet sehingga kita bisa mengontrol tingkat kelembaban. Alternatif murah adalah memakai silica gel. Baca tips menyimpan kamera dan lensa agar bebas dari lembap
sumber:http://belfot.com/11-tips-merawat-kamera-lensa-awet/

Tripod

Beberapa fotografer pemula mungkin akan mengajukan pertanyaan perihal kenapa seseorang perlu untuk menggunakan sebuah Tripod atau Monopod jika Dia berpegang pada aturan diatas dan selalu memotret dengan kecepatan ideal yang ada pada aturan tersebut. Jawaban dari pertanyaan ini, adalah bahwa dalam kebanyakan kasus aturan ini akan mengeliminasi guncangan kamera yang bisa terlihat secara efektif. Sesekali waktu cobalah melihat gambar lebih dekat, atau memperbesar hasil foto kalian, Kemungkinan Sobat masih menemukan efek dari goncangan kamera meskipun pada hasil jepretan yang menggunakan Shutter Speed cepat.

Mungkin sebagian dari kita akan merasa keberatan jika harus berkeliling membawa tripod, tetapi di lain sisi perangkat ini merupakan aksesoris yang harus di miliki jika ingin membawa dunia fotografi kalian ke tingkatan yang lebih tinggi. Tripod membantu kalian untuk mengeliminasi goncangan kamera, memudahkan penggunaan shutter speed rendah dimana kalian bisa mendapatkan rentang pemilihan Aperture yang lebih luas, dan ini juga berarti membuka peluang terhadap kreatifitas dalam memotret.

Kami terkadang juga bingung melihat kenyataan bahwa masih banyak yang tidak menggunakan Tripod, entah itu dikarenakan malu (menenteng perangkat kemanapun mereka pergi), malas, atau bisa saja pelupa, tetapi hal-hal tersebut merupakan alasan utama seorang fotografer enggan untuk menggunakan Tripod.

Shutter speed

Dalam fotografi, kecepatan rana atau waktu paparan jangka waktu rana kamera terbuka saat mengambil foto.  Jumlah cahaya yang mencapai film atau sensor gambar sebanding dengan waktu pemaparan.


4 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  3. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ online-c0m | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    BalasHapus
  4. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    BalasHapus